[IslamRahmatanLilAlamin] Pendidikan Rahmatan Lil Alamin itu Islam


Kementerian Agama berusaha merumuskan Pendidikan Islam rahmatan lil alamin sebagai kecenderungan adanya Radikalisme dalam pendidikan. Menurut survey tersebut ada upaya untuk menggantikan Pancasila sebagai dasar negara dengan khilafah.

Pancasila sebenarnya falsafah sementara Khilafah itu adalah sistem pemerintahan. Tentu ini tidak terkait. Apalagi Indonesia, pernah bergonta-ganti Sistem Pemerintahan di era masa lalu mengesampingkan Pancasila dan UUD 1945. Sementara, upaya perumusan Pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin yang akan dikeluarkan oleh kementerian agama tentu sangat rancu. Kerancuan itu adalah "merumuskan pendidikan" berbasis "Islam Rahmatan Lil Alamin" yang sesungguhnya perlu dipertanyakan dasar perumusan itu apa?

Kalau memang perumusan itu di ambil dari pemikiran tertentu yang diambil dari manusia dan pendapat manusia maka bukan Pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin. Tapi Pendidikan Rahmat dari Manusia. Sebab, pola pendidikan Islam Rahmatan Lil Alamin akan bertitik pada Al-Quran dan As-Sunnah, sebagaimana pernah terwujudkan dalam sistem pemerintahan ala Nabi saw dan para sahabat ra.

Maka sangat tidak relevan bila menyalahkan "islam" dalam struktur pembangunan pendidikan yang justru akarnya "sekuler" ini. Sebab bila ingin pendidikan yang berbasis Islam rahmatan lil alamin itu tidak lain dengan penerapan syariah islam secara kaffah. Permasalahannya apakah para pemegang kebijakan itu mau tunduk dengan aturan Allah, atau justru menjadi alat bagi pendidikan "sistem manusia" yang gagal memanusiakan manusia?

Akhukum,
Rizqi Awal

Tidak ada komentar untuk "[IslamRahmatanLilAlamin] Pendidikan Rahmatan Lil Alamin itu Islam"